Kamis, 17 April 2008

Partisipasi Pemilih Hanya 63,08%

*Di Binjai Tertinggi, Di Pakpak Barat Terendah

MEDAN, WASPADA Online

Ketua Desk Pilkada Sumut mengatakan partisipasi warga Sumut yang datang ke TPS untuk memilih gubsu-wagubsu periode 2008-2013 rendah. Dari 8,482 juta orang yang terdata yang disampaikan 25 Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten/kota hingga pukul 16.30 hanya 63,08 persen.

"Partisipasi pemilih tertinggi datang dari Binjai dengan 85 persen, terendah dari Kabupaten Pakpak Bharat dengan 40 persen," kata Ketua Desk Pilkada Sumut Drs H Muhyan Tambuse dalam keterangan pers di Kantor Badan Informasi dan Komunikasi Sumut, kemarin.

Menurut Muhyan, kecilnya partisipasi pemilih Pilgubsu, antara lain adanya anggapan masyarakat, bahwa agenda demokrasi sudah sebagai rutinitas saja. Kemungkinan lainnya, bisa jadi karena dari lima figur yang tampil bukan merupakan calon yang kebanyakan didukung atau diinginkan masyarakat.

"Dari 35 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang saya pantau langsung, tidak ditemukan adanya partisipasi pemilih yang mencapai 70 persen ke atas. Malah di salah satu TPS, saya menemukan partisipasi pemilih hanya mencapai 30 persen saja," ujar Muhyan, didampingi Asisten Tata Pemerintahan Setdaprovsu Hasiholan Silaen, SH, Kepala Badan Infokom Sumut Drs H Eddy Syofian MAP, Kepala Biro Otda Sumut Drs Bukit Tambunan dan Ketua KPUD Medan Ir Nelly Armayanti MSP.

Menurut Muhyan, kecilnya partisipasi pemilih Pilgubsu , sudah diprediksi jauh hari sebelum hari pencoblosan, Rabu 16 April 2008. Karena itu, Muhyan yang juga Sekdaprovsu menegaskan, untuk antisipasi terhadap kecilnya persentase pemilih itu, berbagai langkah sudah dilakukan antara lain melakukan pendataan pemilih yang dimulai 1 Agustus 2007, dan berakhir 30 Oktober 2007. Kemudian, hasil pendataan penduduk oleh pemerintah berupa Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pilkada (DP4) yang diserahkan ke KPUD untuk diverifikasi dan dimutakhirkan menjadi Daftar Pemilih Semantara (DPS).

Sudah Maksimal

Sebelum DPS ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgubsu, lanjut Muhyan, KPUD Sumut, kabupaten/kota memberi kesempatan kepada warga untuk melihat apakah namanya terdaftar atau tidak dalam DPS. Setelah itu, KPUD Sumut menetapkan DPT Pilgubsu yang jumlahnya mencapai 8,482 juta lebih, dengan 22.992 TPS tersebar di 25 kabupaten dan kota. (m19)

Tidak ada komentar: